29, May 2024
Resep Lezat Chicken Cordon Blue

Pada artikel ini kami akan membagikan resep lezat dari Chicken Cordon Bleu. Chicken Cordon Bleu adalah hidangan kuliner yang terdiri dari potongan daging ayam yang dipadu dengan ham dan keju, kemudian digulung, dilapisi dengan tepung, telur, dan tepung roti, lalu digoreng atau dipanggang hingga kecoklatan.

Nama “Cordon Bleu” sendiri berasal dari bahasa Prancis yang artinya “Langit-langit Biru”, tetapi dalam konteks kuliner, istilah ini merujuk pada hidangan yang disajikan secara klasik dengan kombinasi ayam, ham, dan keju.

Chicken Cordon Bleu sering disajikan dengan saus dan sayuran sebagai pelengkap. Hidangan ini dikenal dengan citarasa yang lezat dan beragam tekstur dari kombinasi daging ayam, ham, dan keju yang meleleh di dalamnya. Berikut ini adalah Resep Chicken Cordon Bleu yang akan kami bagikan

Resep Chicken Cordon Bleu dan Cara Pembuatannya

Berikut adalah resep Chicken Cordon Bleu, hidangan klasik yang terdiri dari daging ayam yang dipadu dengan ham dan keju, kemudian digoreng hingga keemasan. Berikut adalah cara membuatnya:

Bahan-bahan:

  • 4 potong daging dada ayam, tanpa tulang dan kulit
  • Garam dan lada secukupnya
  • 4 potong keju Swiss atau keju Gruyere, potong tipis-tipis
  • 4 potong ham, potong tipis-tipis
  • Tepung terigu secukupnya
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak sayur, untuk menggoreng
  • Tusuk gigi

Instruksi:

  1. Pertama-tama, persiapkan daging ayam. Letakkan satu potong daging ayam di antara dua lembar plastik pembungkus makanan. Ketuk daging ayam dengan pemukul daging atau bagian belakang pisau hingga daging merata tipisnya, tetapi jangan sampai rusak.
  2. Setelah daging ayam dipipihkan, taburi dengan sedikit garam dan lada secukupnya.
  3. Letakkan sepotong keju dan ham di atas setiap potongan daging ayam yang sudah dipipihkan.
  4. Gulung daging ayam dengan rapi, pastikan ham dan keju tertutupi. Gunakan tusuk gigi untuk menjaga gulungan tetap utuh.
  5. Setelah semua potongan daging ayam digulung, balur setiap gulungan dengan tepung terigu, kemudian celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan terakhir gulingkan di tepung roti hingga seluruhnya terbalut rata.
  6. Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang.
  7. Goreng gulungan daging ayam dalam minyak panas hingga keemasan dan matang sempurna, sekitar 6-8 menit untuk setiap sisi. Pastikan untuk membaliknya sekali agar matang merata.
  8. Setelah matang, angkat gulungan daging ayam dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  9. Sajikan Chicken Cordon Bleu yang sudah digoreng hangat-hangat dengan saus pilihan Anda dan hidangkan bersama dengan sayuran atau kentang rebus sebagai pelengkap.

Selamat menikmati hidangan Chicken Cordon Bleu yang lezat dan menggugah selera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *