8, Jun 2024
Pastel de Nata, Makanan Manis Portugal yang Mendunia

hashtagcareergoals.com – Di jantung Portugal, terdapat sebuah kelezatan kuliner yang telah menggoda lidah orang-orang di seluruh dunia Pastel de Nata. Hidangan ini adalah sejenis pastry berbentuk bulat dengan lapisan kulit krispi yang diisi dengan krim telur yang manis dan harum rempah-rempah. Pastel de Nata bukan hanya makanan penutup favorit di Portugal, tetapi juga telah menjadi simbol dari warisan kuliner negara ini yang kaya.

Asal Usul

Pastel de Nata pertama kali diciptakan oleh biarawan di biara Mosteiro dos Jerónimos di Lisbon pada abad ke-18. Para biarawan menggunakan telur putih untuk menyaring anggur, dan mereka memiliki banyak sisa kuning telur. Untuk tidak membuang-buang, mereka menggunakan kuning telur ini untuk membuat krim lezat yang kemudian diisi ke dalam pastry yang mereka buat. Dari situlah lahir Pastel de Nata, dan sejak itu, hidangan ini telah menjadi salah satu ciri khas kuliner Portugal yang paling dihargai.

Bahan dan Proses Pembuatan

Pastel de Nata terbuat dari dua komponen utama: kulit pastry dan krim telur. Kulit pastry-nya terbuat dari lapisan tipis adonan pastry yang dipanggang hingga menjadi krispi dan kecoklatan. Sementara itu, krim telurnya terbuat dari campuran kuning telur, gula, susu, tepung maizena, dan vanila, yang kemudian dimasak hingga mengental dan memiliki konsistensi yang lembut dan lezat. Setelah itu, krim telur ini diisi ke dalam kulit pastry yang sudah dipanggang, dan kembali dipanggang sebentar hingga krimnya menggelembung dan kulit pastry-nya menjadi renyah.

Kepopuleran Global

Pastel de Nata tidak hanya populer di Portugal, tetapi juga telah menyebar ke seluruh dunia. Di banyak kota besar di seluruh dunia, Anda dapat menemukan kedai khusus Pastel de Nata yang menyajikan hidangan ini dengan berbagai variasi rasa dan presentasi. Rasanya yang manis dan tekstur yang kaya membuatnya menjadi makanan penutup yang sangat dicari oleh pecinta kuliner di mana pun mereka berada.

Simbol Budaya Portugal

Selain sebagai hidangan yang lezat, Pastel de Nata juga menjadi simbol dari budaya dan tradisi Portugal. Kehadirannya yang khas dalam kopi pagi, sebagai makanan penutup setelah makan siang, atau sebagai camilan di sore hari, membuatnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di Portugal. Selain itu, Pastel de Nata juga sering dihubungkan dengan festival dan perayaan tradisional di Portugal, menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas kuliner negara ini.

Kesimpulan

Dengan rasa yang lezat, sejarah yang kaya, dan kehadirannya yang ikonik dalam budaya Portugal, Pastel de Nata telah berhasil merebut hati orang-orang di seluruh dunia. Sebagai sajian yang merayakan warisan kuliner Portugal yang kaya, Pastel de Nata terus menjadi salah satu makanan manis yang paling dicari dan dihargai di dunia kuliner internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *