13, May 2024
Bakpao Hidangan Tradisional China yang Populer di Seluruh Dunia

Bakpao hidangan tradisional china

Bakpao merupakan makanan tradisional china yang sangat populer diberbagai belahan dunia. Bakpao adalah hidangan tradisional China berupa roti kukus yang berisi berbagai isian mulai dari daging hingga sayuran. Hidangan ini sangat disukai oleh banyak orang karena citarasnya dan teksturnya yang lembut. Hidangan ini cocok untuk dijadikan cemilan atau sarapan yang cukup untuk mengganjal perut.

Sejarah Bakpao

Sejarah bakpao hidangan tradisional China memiliki akar yang panjang dan kaya dalam budaya kuliner Tiongkok. Bakpao, yang juga dikenal sebagai baozi dalam bahasa Tionghoa, telah menjadi bagian integral dari tradisi makanan Tiongkok selama berabad-abad. Berikut adalah gambaran tentang sejarah bakpao:

Asal Mula:
Bakpao memiliki catatan sejarah dari Dinasti Tang yang berkuasa di Tiongkok dari tahun 618 hingga 907 Masehi. Pada masa itu, bakpao merupakan makanan yang sangat populer di kalangan rakyat biasa dan kerajaan.

Pengaruh Budaya dan Perkembangan:
Selama berabad-abad, bakpao terus berkembang dengan adanya pengaruh budaya dan kuliner dari berbagai daerah di Tiongkok. Variasi isian bakpao bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lain, mencerminkan keanekaragaman cita rasa dan preferensi makanan di Tiongkok.

Pengaruh Agama dan Tradisi:
Bakpao juga memiliki hubungan erat dengan tradisi agama dan budaya Tiongkok. Sering kali bakpao disajikan dalam acara-acara ritual atau perayaan budaya seperti Tahun Baru Imlek, pernikahan, atau festival keagamaan lainnya. Di beberapa daerah di Tiongkok, bakpao bahkan dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan.

Penyebaran Global:
Seiring dengan migrasi Tionghoa ke berbagai belahan dunia, bakpao juga ikut tersebar ke luar Tiongkok. Akhirnya bakpao menjadi populer di banyak negara di Asia dan di seluruh dunia. Hari ini, bakpao dapat ditemukan di berbagai restoran Tionghoa. Selain itu juga dapat ditemukan di berbagai negara, serta di pasar makanan Asia dan toko makanan internasional.

Inovasi dan Variasi:
Di era modern, bakpao terus mengalami inovasi dan variasi baru. Dengan adanya berbagai macam isian dan rasa yang diciptakan untuk memenuhi selera masyarakat yang semakin beragam. Selain isian tradisional seperti daging babi dan sayuran, ada juga bakpao dengan isian modern seperti keju, cokelat, dan masih banyak lagi.

Dengan sejarahnya yang panjang dan beragam, bakpao tetap menjadi salah satu hidangan yang paling dihargai dan diakui dari Tiongkok. Bakpao menunjukkan kekayaan budaya kuliner dan warisan yang dibawa dari masa lalu hingga sekarang.

Popularitas Bakpao di Dunia

Bakpao hidangan tradisional China memiliki popularitas yang signifikan di dunia kuliner, terutama di berbagai negara Asia dan di kalangan diaspora Tionghoa di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bakpao menjadi populer di dunia:

  1. Rasa yang Lezat dan Tekstur yang Unik: Bakpao memiliki rasa yang kaya dan beragam, tergantung pada isian yang digunakan, dan teksturnya yang lembut dan kenyal membuatnya disukai oleh banyak orang.
  2. Kemudahan dalam Pembuatan: Pembuatan bakpao tidak memerlukan peralatan khusus atau keterampilan khusus, sehingga dapat diproduksi dengan relatif mudah di rumah atau di berbagai tempat makan.
  3. Keberagaman Variasi Isian: Bakpao dapat diisi dengan berbagai macam isian, termasuk daging, sayuran, kacang-kacangan, atau bahkan isian manis seperti selai buah atau pasta kacang, yang memungkinkannya untuk disukai oleh berbagai kalangan.
  4. Makanan Siap Saji yang Praktis: Bakpao adalah makanan siap saji yang dapat dinikmati sebagai camilan atau hidangan utama, baik di rumah, di tempat kerja, atau saat bepergian, membuatnya menjadi pilihan yang praktis bagi banyak orang.
  5. Pengaruh Budaya Tionghoa: Sebagai bagian dari warisan kuliner Tionghoa, bakpao telah menyebar ke berbagai belahan dunia bersama dengan diaspora Tionghoa, dan menjadi bagian integral dari budaya kuliner di banyak negara.
  6. Kehadiran di Restoran Tionghoa dan Pasar Makanan Asia: Bakpao secara luas tersedia di restoran Tionghoa di seluruh dunia, serta di pasar makanan Asia dan toko-toko makanan internasional, yang membuatnya mudah diakses oleh masyarakat lokal di berbagai negara.
  7. Inovasi dan Kreativitas: Dengan adanya inovasi dan variasi baru dalam pembuatan bakpao, seperti bakpao dengan isian kari, keju, atau isian eksotis lainnya, popularitasnya terus berkembang dan menarik minat orang-orang dari berbagai latar belakang budaya.

Dengan berbagai faktor ini, bakpao telah menjadi salah satu hidangan yang paling diakui dan disukai di dunia, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keragaman kuliner global.

Pengaruh Bakpao Terhadap Kuliner Dunia

Pengaruh bakpao terhadap kuliner dunia cukup signifikan, terutama dalam memperkenalkan dan mempopulerkan konsep roti kukus yang berisi isian. Berikut adalah beberapa pengaruh bakpao terhadap kuliner dunia:

  1. Populer di Luar Tiongkok:
    Bakpao telah menjadi populer di banyak negara di luar Tiongkok, terutama di Asia dan daerah dengan diaspora Tionghoa yang besar. Bakpao dapat ditemukan di berbagai restoran Tionghoa, pasar makanan Asia, dan toko-toko internasional di seluruh dunia.
  2. Inspirasi bagi Hidangan Serupa:
    Konsep bakpao, yaitu roti kukus yang berisi isian, telah menjadi inspirasi bagi banyak hidangan serupa di berbagai budaya dan kulinernya. Contohnya, ada mantou di Tiongkok, banh bao di Vietnam, dan nikuman di Jepang, semuanya memiliki elemen-elemen yang mirip dengan bakpao.
  3. Variasi dan Inovasi:
    Bakpao juga telah mendorong inovasi dalam dunia kuliner, dengan berbagai variasi rasa dan isian yang diciptakan untuk memenuhi selera dan preferensi lokal di berbagai negara. Misalnya, ada bakpao dengan isian kari di Jepang, bakpao dengan isian kacang merah di Korea, dan bahkan bakpao dengan isian keju di negara-negara Barat.
  4. Penyediaan Makanan Siap Saji:
    Bakpao juga telah menjadi salah satu makanan siap saji yang populer di berbagai tempat, baik di restoran maupun di toko-toko makanan cepat saji. Kepraktisan dan kelezatan bakpao membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi orang-orang yang ingin makan cepat dan nyaman.
  5. Pengenalan Budaya Tionghoa:
    Bakpao juga telah berperan dalam memperkenalkan dan mempromosikan budaya Tionghoa ke dunia luar. Sebagai bagian dari kuliner Tiongkok yang khas dan lezat, bakpao menjadi salah satu cara untuk orang di luar Tiongkok mengenal dan menghargai warisan kuliner dan budaya Tionghoa.

Secara keseluruhan, bakpao telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keragaman kuliner dunia, membuka pintu bagi berbagai inovasi dan inspirasi baru dalam dunia masakan internasional.

Inovasi dan Variasi Hidangan Bakpao

Inovasi dan variasi bakpao telah membawa hidangan ini ke tingkat baru, memperkaya pengalaman rasa dan menciptakan variasi yang menarik bagi para pecinta kuliner. Berikut adalah beberapa contoh inovasi dan variasi bakpao yang populer:

  1. Bakpao Daging Tradisional:
    Bakpao hidangan tradisional China dengan isian daging babi atau daging ayam merupakan varian klasik yang tetap populer di seluruh dunia. Daging dicincang halus, kemudian dicampur dengan bumbu dan saus untuk memberikan rasa yang kaya dan gurih.
  2. Bakpao Sayuran:
    Bakpao dengan isian sayuran seperti jamur, wortel, kacang hijau, atau lobak memberikan pilihan yang sehat dan vegetarian bagi para penggemar bakpao. Isian sayuran ini seringkali juga dicampur dengan saus dan bumbu untuk meningkatkan cita rasanya.
  3. Bakpao Kari:
    Inovasi ini menambahkan elemen rasa kari ke dalam isian bakpao, menciptakan variasi yang kaya dan beraroma. Isian bakpao kari biasanya terdiri dari daging yang dimasak dengan bumbu kari yang khas, seperti kari daging babi atau kari ayam.
  4. Bakpao Manis:
    Bakpao manis menambahkan sentuhan manis pada hidangan dengan isian seperti pasta kacang merah, kacang hijau, selai buah, atau cokelat. Bakpao manis sering dianggap sebagai camilan atau hidangan penutup yang lezat.
  5. Bakpao Keju:
    Inovasi ini menggabungkan rasa gurih dan krimi keju dengan tekstur lembut dan kenyal dari bakpao. Isian bakpao keju bisa berupa keju cheddar, keju krim, atau keju parmesan, yang memberikan rasa yang unik dan memikat.
  6. Bakpao Isian Spesial:
    Beberapa tempat makan menawarkan variasi bakpao dengan isian spesial, seperti bakpao dengan isian udang, abalon, daging sapi panggang, atau daging bebek. Ini memberikan pengalaman rasa yang mewah dan eksklusif bagi para pecinta kuliner.
  7. Bakpao Isian Tradisional:
    Beberapa tempat makan mempertahankan keaslian bakpao dengan tetap menggunakan isian tradisional seperti telur asin, sosis, atau daging sapi cincang. Ini memberikan pengalaman rasa yang autentik bagi para penggemar bakpao klasik..

Baca juga: Komponen dan Variasi Hidangan Pempek

Resep dan Cara Pembuatan Bakpao

Berikut adalah resep dasar untuk membuat adonan bakpao hidangan tradisional China dan isian daging untuk bakpao daging:

Resep Adonan Bakpao:

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu serbaguna
  • 1½ sendok makan ragi instan
  • 100 gram gula pasir
  • 250 ml air hangat
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • ½ sendok teh baking powder
  • Sejumput garam

Cara Membuat:

1. Persiapan Adonan:

  • Campurkan ragi instan dengan air hangat dan aduk hingga larut. Diamkan selama 5-10 menit hingga berbusa.
  • Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata.
  • Tambahkan campuran ragi yang telah berbusa dan minyak sayur ke dalam campuran tepung. Aduk perlahan hingga tercampur.
  • Uleni adonan secara merata hingga elastis dan tidak lengket. Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 1-2 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat ukurannya.

2. Pembentukan dan Pengisian Bakpao:

  • Setelah adonan mengembang, kempiskan dengan mengeluarkan udara secara perlahan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besar.
  • Bentuk setiap bagian adonan menjadi bola, lalu pipihkan dengan menggunakan rolling pin hingga menjadi lingkaran dengan diameter sekitar 10-12 cm.
  • Letakkan sejumlah adonan yang sudah pipih di atas meja atau permukaan datar, lalu tambahkan isian daging ke tengahnya. Lipat adonan menjadi dua dan ratakan ujungnya, pastikan adonan tersegel dengan baik.

3. Proses Pengukusan:

  • Siapkan alat pengukus dan panaskan air di bawahnya hingga mendidih.
  • Letakkan bakpao yang sudah diisi di dalam alat pengukus dengan jarak yang cukup antara satu sama lain agar tidak menempel saat mengembang.
  • Tutup pengukus dan kukus bakpao selama 15-20 menit atau hingga matang. Pastikan untuk tidak membuka penutup pengukus selama proses pengukusan agar bakpao bisa mengembang dengan baik.

4. Penyajian:

  • Angkat bakpao dari pengukus dan biarkan sebentar untuk mendingin sebelum disajikan.
  • Bakpao siap disajikan sebagai camilan atau hidangan utama, dan dapat dinikmati baik dalam keadaan hangat maupun dingin.

Resep Isian Daging untuk Bakpao:

Bahan-bahan:

  • 300 gram daging sapi cincang (atau daging ayam/babi)
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 batang daun bawang, cincang halus
  • 2 sendok makan saus kecap
  • 1 sendok makan saus hoisin
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan kecap asin
  • Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan daging cincang, tumis hingga berubah warna dan matang.
  3. Tambahkan saus kecap, saus hoisin, dan minyak wijen. Aduk rata.
  4. Masukkan daun bawang cincang, aduk kembali hingga tercampur merata.
  5. Bumbui dengan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan biarkan isian dingin sebelum digunakan untuk mengisi bakpao.

Nikmati bakpao yang lezat dengan isian daging yang gurih dan lembut! Selamat mencoba!

One thought on “Bakpao Hidangan Tradisional China yang Populer di Seluruh Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *